Basa, Hendrikus Nade (2025) HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP LAVENDER RS EMC CIBITUNG. Skripsi thesis, STIKes Pertamedika.
![SKRIPSI HENDRIKUS NADE BASA.pdf [thumbnail of SKRIPSI HENDRIKUS NADE BASA.pdf]](https://repository.stikes-pertamedika.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HENDRIKUS NADE BASA.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu pencapaian perawat dalam memenuhi asuhan keperawatan. Komunikasi perawat sangatlah diperlukan untuk membentuk kepuasan pasien meningkat. Tanpa adanya komunikasi yang baik dalam menjalankan proses pelayanan kemungkinan besar dalam suatu pelayanan tersebut tidak akan berjalan maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap lavender. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien ruang rawat inap lavender. Jumlah sampel penelitian ini adalah 40 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total sampling. Instrumen penleitian yang digunakan kuesioner komunikasi dan kepuasan. Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien (p = 0,030 (<0,05)). Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bahwa perawat harus meningkatkan cara berkomunikasi pada pasien agar kepuasan pasien terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ns. Diana Rhismawati Djupri, M.Kep., Sp.Kep.MB |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi perawat, kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Program Studi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Intan Mulia Pertiwi |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:53 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:53 |
URI: | https://repository.stikes-pertamedika.ac.id/id/eprint/370 |