PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA KOMBINASI AUDIOVISUAL & LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA DALAM PEMBERIAN RANGE OF MOTION (ROM) PASIF PADA PASIEN STROKE DI RUANG TOPAZ ALIA HOSPITAL DEPOK

Suci, Nabilah Eka (2025) PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA KOMBINASI AUDIOVISUAL & LEAFLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA DALAM PEMBERIAN RANGE OF MOTION (ROM) PASIF PADA PASIEN STROKE DI RUANG TOPAZ ALIA HOSPITAL DEPOK. Skripsi thesis, Stikes Pertamedika.

[thumbnail of SKRIPSI NABILAH EKA SUCI.pdf] Text
SKRIPSI NABILAH EKA SUCI.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stroke diketahui menjadi penyebab kematian kedua di dunia setelah penyakit jantung dan merupakan penyebab utama kecacatan di negara maju. Tujuan Penelitian yaitu mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media kombinasi audiovisual dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan keluarga dalam pemberian (ROM) Pasif Pada Pasien Stroke di ruang rawat inap TOPAZ. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental designs pretest-postetst without control, sampel 19 responden dengan teknik Purposiv Sampling. Hasil penelitian menggunakan uji statistic Wilcoxon artinya ada pengaruh signifikan edukasi media kombinasi audio visual dan leaflead terhadap tingkat pengetahuan keluarga dalam pemberian Range Of Motion (ROM) pasif pada pasien stroke di Ruang Topaz Alia Hospital Depok, nilai p value = 0,000 (α≤0,05). Berdasarkan Hasil penelitian diharapkan Keluarga lebih meningkatkan pengetahuan tentang pemberian Range of Motion (ROM) dengan mengikuti penyuluhan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ns. Nana Andriana, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Media Audiovisual dan Leaflead, Pengetahuan Keluarga, Pemberian (ROM), Stroke
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi S1 Keperawatan
Depositing User: Intan Mulia Pertiwi
Date Deposited: 05 Jul 2025 10:58
Last Modified: 05 Jul 2025 10:58
URI: https://repository.stikes-pertamedika.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item