HUBUNGAN SUPERVISI DENGAN KEPATUHAN PERAWAT MENGISI LEMBAR EDUKASI TERINTEGRASI DI RS PERTAMINA TARAKAN

Kaslow, Noviantika Clara (2025) HUBUNGAN SUPERVISI DENGAN KEPATUHAN PERAWAT MENGISI LEMBAR EDUKASI TERINTEGRASI DI RS PERTAMINA TARAKAN. Skripsi thesis, Stikes Pertamedika.

[thumbnail of SKRIPSI_NOVIANTIKA CLARA UTARI KASLOW.pdf] Text
SKRIPSI_NOVIANTIKA CLARA UTARI KASLOW.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepatuhan perawat dalam mengisi lembar edukasi terintegrasi masih menjadi tantangan dan masih sangat rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah supervisi. Supervisi menjadikan perwat lebih bertanggung jawab dalam melakukannya secara rutin. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan supervisi dengan kepatuhan perawat mengisi lembar edukasi terintegrasi di RS Pertamina Tarakan. Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel adalah 74 orang. Teknik sampel adalah Stratified random sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner suprevisi dan lembar pengamatan kepatuhan perawat mengisi lembar edukasi terintegrasi Uji. statistik yang digunakan chi square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar supervisi baik 55 (74,3%) orang, sebagian besar perawat patuh mengisi lembar edukasi terintegrasi yaitu sebesar 54 (73,0%) orang. Ada hubungan supervisi dengan kepatuhan perawat mengisi lembar edukasi terintegrasi di RS Pertamina Tarakan dengan nilai p = 0,000 < nilai α = 0,05. Hasil penelitian diharapkan menjadi asupan pada manajemen rumah sakit untuk melakukan supervisi langsung terhadap perawat untuk kelengkapan pengisian lembar edukasi terintegrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yanti Riyantini, M.Kep., Ns., Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Perawat, lembar edukasi terintegrasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi S1 Keperawatan
Depositing User: Intan Mulia Pertiwi
Date Deposited: 05 Jul 2025 10:50
Last Modified: 05 Jul 2025 10:50
URI: https://repository.stikes-pertamedika.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item